Cara Membuat Daftar Isi

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

Bertemu lagi dengan saya, dan sudah lama saya sudah tidak ngepost lagi. Di kali ini saya akan membagikan sebuah toturial atau tips ya, yaitu bagaimana caranya membuat daftar isi.

Yah terkadang banyak orang yang masih bingung bagaimana cara membuat daftar isi, padahal daftar isi merupakan salah satu komponen wajib yang harus ada di dalam subuah buku, skripsi, makalah, proposal, dan juga laporan. Oleh karena itu saya terinspirasi masalah ini.

Di dalam pembuatan daftar isi di word ada dua cara yang pertama yaitu secara manual dan kedua yaitu secara otomatis. Yang pertama saya akan membahas yang manual dulu.

Cara Membuat Daftar Isi Secara Manual

1. Pastikan ruler kalian sudah aktif karena dalam pembuatan daftar isi secara manual menggukan fitur ruler. Apa bila belum aktif silah kan baca dulu cara menampilkan ruler (ini bagi yang rulernya bisa klik disini)

2.Silahkan Ketik dulu judulnya seperti yang di tunjukan oleh no. 2 (gambar di bawah.

3.laku ketik judul yang igin di masukan ke daftar isi contoh kata pengantar seperti yang ditunjukan no. 3(gambar di bawah).

4.silahkan klik di pada bagian ruler sampai keluar tanda “L” seperti yang di tunjukan no. 04 (gambar di bawah).

5.langkah kelima sama dengan yang keempat (liat yang di tunjukan no. 5, lihat gambar di bawah).

01

6. dobule klik (dua kali klik) pada tab stop position yang pertama (lihat gambar di bawah, seperti yang di tunjukan oleh no. 6). Maka akan keluar jendela Tabs.

7.Pada jendela tabs. Di bagian Alignment pilih right (seperti no. 7 pada gambar di bawah).

8.Pada tab leader silahkan pilih 2………. (seperti yang di tunjukan oleh no.8)

9.Sesudah itu klik oke.

02

10.Posisikan kursor kalian pada bagian kanan kata pengantar (liat gambar di bawah).

03

11.Kemudian tekan tombol tab sampai tanda L yang terbalik, maka secara otomatis titik-titik akan muncul. Lalu tekan tombol tab lagi untuk space antara titik-tikik, kemudian silahkan ketik nomor yang akan di berikan untuk kata pengantar. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini.

04

12Jika kalian igin menambahkan daftar isi kalian tinggal klik enter, lalu ketik judulnya lalu klik tab seperti yang sudah di jelas kan.

Bila masih kurang jelas kalian bisa liat vidio ini:

Selanjut nya kita akan bahas yan otomatisnya

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Yah tadi kita udah bahas bagaimana cara membuat daftar isi secara manual nah kita lanjut bagaimana yang otomatisnya. Sebelum itu ada syarat dulu untuk membuat daftar isi secara otomatis.

Syarat membuat daftar isi secara otomatis :

1.Laporan, skripsi, makalah, proposal, dll kalian sudah selesai tinggal yang belum Cuma daftar isi.

2.Dokumen tidak berbeda atau terpisah pisah misal bab 1 dengan bab 2 beda lembar kerja.

3.Penomoran pada lembar kerja sudah semua.

Cara Pembuatan Daftari Isi Otomatis :

1.Blok judul yang igin anda masukan ke daftar isi contoh seperti Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab 1, dll (lihat yang seperti di tunjukan No. 1 pada gambar di bawah).

2.Masuk ke ribbon References (lihat yang seperti di tunjukan No. 2 pada gambar di bawah).

3.Klik Add Text (lihat yang seperti di tunjukan No. 3 pada gambar di bawah).

07

4.Pilih Levelnya.

08

Ketarangan :

Level 1 : digunakan untuk Judul, contoh : Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab 1, dll.

Level 2 : untuk Subs judul, contoh : Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Pembuatan, dll.

Level 3 : untuk Sub dari Subs Judul, Contoh : anaknya dari sub judul

5.Lakukan cara yang sama sampai semua judul yang ingin anda masukan kedaftar isi sudah diberikan level.

6.Masuk ke ribbon References lagi (lihat yang seperti di tunjukan No. 6 pada gambar di bawah).

7.Klik Table of Contents (lihat yang seperti di tunjukan No. 7 pada gambar di bawah).

8.Lalu pilih Automatic Table 1 (lihat yang seperti di tunjukan No. 8 pada gambar di bawah).

09

9.Maka Secara Otomatis akan keluar sendiri seperti gambar di bawah.

10

Nah mudah kan cara membuatnya.

Bagi kalian yang masih bingung gimana caranya, silahkan liat vidio dibawah ini